x
Pemko Pekanbaru Stop Sementara Vaksinasi Keliling, Ini Alasannya 
Plt Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru dr Arnaldo Eka Putra

Pemko Pekanbaru Stop Sementara Vaksinasi Keliling, Ini Alasannya 

Rabu, 16 Juni 2021 - 20:16:00 wib | Di Baca : 1594 Kali

GILANGNEWS.COM - Adanya informasi pelaksanaan vaksinasi dihentikan di Pekanbaru sampai ketersediaan vaksin tersedia menjadi perbincangan banyak kalangan. Dikabarkan penghentian ini dikarenakan stok vaksin untuk Pekanbaru tidak mencukupi untuk dilakukan kegiatan vaksin. 

Dikonfirmasi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru dr Arnaldo Eka Putra menjelaskan, bahwa Pemko Pekanbaru saat ini fokus menyelesaikan vaksinasi ke II bagi masyarakat sudah ikut vaksin gelombang I. 

Loading...

Sehingga untuk melanjutkan vaksinasi lanjutan harus ditunda sampai ketersediaan vaksinasi tersedia. 

Dipaparkannya, sampai 15 Juni kemarin, sudah menggunakan vaksin sebanyak 299.714 dosis atau sekitar 25.461 vial vaksin, dari jumlah 266.400 dosis vaksin yang diterima untuk program vaksinasi Pekanbaru atau 26.640 vial. Tersisa 8.460 dosis atau 847 vial lagi untuk sasaran 725.630 orang masyarakat Pekanbaru. 

" Jadi kenapa kita hentikan pemberian vaksin pertama saat ini, karena kita menyiapkan dahulu vaksin kedua gelombang pertama,"kata Arnaldo. 

Artinya, diinformasikan Arnaldo jangan sampai nanti warga yang ingin melakukan vaksin gelombang kedua ternyata vaksinnya habis. "Sedangkan vaksin Gelombang kedua belum sampai dari pemerintah pusat, " paparnya. 

Sampai saat ini masyarakat yang telah melakukan vaksin Gelombang I, vaksin pertama berjumlah 218.371 orang, Vaksin kedua sebanyak 102.915. Artinya sebanyak 115.456 warga yang telah melakukan vaksin pertama belum melakukan vaksin kedua. 

"Kita himbau kepada masyarakat yang sudah vaksin pertama di gelombang pertama untuk segera melakukan vaksin keduanya. karena ini vaksin kedua ini sangat penting agar herd immunity terbentuk, " jelasnya lagi. 

Disambung Naldo, vaksin yang tersedia di Pekanbaru sampai hari ini sekitar 847 vial atau sekitar 8470 dosis lagi, dan ini diutamakan untuk warga yang telah melakukan vaksinasi pertama di gelombang pertama.

Untuk vaksinasi dengan bus vaksin keliling, 
Disampaikan Naldo, akan dilakukan lagi setelah vaksin Gelombang kedua dikirim oleh pemerintah pusat dan diprediksi akhir bulan ini akan sampai. "setelah sampai nantinya baru akan kita lakukan vaksin keliling lagi, " katanya lagi. 

Target vaksin yang akan dilakukan sebanyak 725.630, untuk memenuhi kebutuhan tersebut makan dinas kesehatan membutuhkan  vaksin keseluruhan 112.048 vial tabung vaksin artinya Pekanbaru masih membutuhkan sekitar 86.587 vial vaksin lagi.

"Target kita Desember akhir ini sudah bisa terealisasikan, " harapnya.


Sumber : GN 1
Editor :









Baca Juga Topik #VAKSINASI COVID-19
Loading...

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media


GilangNews




BERITA TERKAIT
TUILIS  KOMENTAR
Loading...
BERITA SEBELUMNYA